Desa Wisata Candi Abang

Keindahan wisata alam jogja memang tidak akan pernah ada habisnya bila dijelajah, salah satunya adalah wisata candi. Ada banyak sekali  candi yang tersebar di Jawa Tengah, termasuk di  jogja yang memiliki candi prambanan dan namanya pun sudah mendunia. namun hari ini kita  mau mengenalkan salah satu candi unik yang sama sekali berbeda dengan candi-cand lainnya di jogja yaitu Candi Abang. candi ini berada di Dusun Sentonorejo, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman Yogyakarta. Untuk mencapai candi unik ini bisa melaluinya dari jalan Jogja-Solo, yang menuju kearah Prambanan. Begitu Sampai di Terminal Prambanan, cari Jalan Raya Jogja-Piyungan Km 8. Disana ada papan petunjuk arah kekanan (barat) bertuliskan Candi Abang dan Gua Sentana. Candi ini berada di puncak bukit di pinggir jalan desa, sekitar 1,5 kilometer sebelah Barat Jalan Raya Jogja-Piyungan. Disarankan bila ingin menuju ke Candi ini sebaiknya menggunakan kendaraan roda dua karena jalannya agak kurang bagus dan akses menuju ke Candi masih dikelilingi hutan.

Keunikan dari Candi Abang adalah candi ini dibangun dengan batu bata merah. Kenapa candi ini menjadi salah satu destinasi menarik yang patut dikunjungi saat berlibur di jogja? Candi ini menarik karena agak tidak lazim, jika ada candi berbahan batu bata merah di daerah Jawa bagian tengah, khususnya di jogja. Sayangnya kita tidak bisa bercerita lebih jauh tentang relief yang ada di Candi Abang karena candinya terkubur di dalam tanah yang berbentuk seperti Bukit Teletubbies. Itu sebabnya, Candi ini menarik karena agak tidak lazim saja jika ada candi berbahan batu bata merah di daerah Jawa bagian tengah, khususnya di jogja. Beberapa orang berfikiran bahwa candi ini adalah tempat penyimpanan harta karun jaman dahulu, oleh sebab itulah banyak orang yang tidak bertanggung jawab untuk mencari barang-barang berharga disana. Tapi setelah diresmikan candi ini sudah dilindungi oleh pemerintah.
candi-abang-berbah-jogja-2sumber gambar:piknikjogjamurah.blogspot.com
candi-abang-berbah-jogja-1sumber gambar: dubiduuu.blogspot.com
selain dikenal dengan nama candi abang berbah, Candi ini juga popular dengan sebutan lain yaitu bukit Teletubies. Karena bentuknya yang membentuk seperti bukit yang ada di dalam film teletubies, jadi kebanyak orang-orang menyebutnya bukit teletubies. Candi ini akan terlihat berwarna hijau ketika musim hujan, sedangkan jika musim kemarau bukit ini akan berwarna seperti gundukan berwarna coklat, karna kondisi bukit yang sangat kering.
Selain menikmati keindahan bukit di candi ini, para wisatawan juga bisa berburu sunset untuk mendapatkan hasil foto yang bagus. Untuk akses mencapai bukit ini para wisatawan harus berjalan kaki terlebih dulu karena medan menuju ke bukit ini banyak bebatuan dan agak curam. Tips lain untuk yang mau datang ke Candi Abang ini, jangan datang di siang hari karena akan terasa panas yang sangat menyengat dan Bawalah bekal makanan dan minuman secukupnya, sebab di lokasi tidak ada warung makan dan minum. Tapi untuk para wisatawan yang berkunjung ke candi ini yang membawa makan dan minuman diharapkan menjaga kebersihan di sekitar lingkungan candi agar wisata jogja ini bisa tetap terjaga keindahannya.
Selain Candi Abang di kawasan ini masih ada beberapa obyek wisata lainnya seperti Gua Jepang Sentonoharjo. Gua Jepang Jogotirto berada di Goa Jepang Sentonoharjo berada tak jauh dari Candi Abang. Goa Jepang Sentonorejo terdiri dari empat goa yang berjajar dan berbentuk persegi. Keempat ujung goa tersebut saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Goa ini dibuat pada masa Jepang yang pada saat itu menguasai jogja dan berfungsi sebagai tempat penyimpanan amunisi. Di dalam goa tersebut, terdapat pula lubang bentukan yang berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan bom. Namun bom-bom tersebut telah dikeluarkan dan lubang tersebut telah ditutup dengan semen. Untuk menuju ke situs gua jepang ini sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi karena angkutan umum tidak menjangkau lokasi ini. rute jalan menuju ke gua jepang yaitu dari Jl. Jogja-Solo – Pertigaan Pasar Prambanan – Jl. Jogja-Piyungan – ikuti petunjuk ke arah Candi Abang – Candi Abang – Goa Jepang.

Komentar

Postingan Populer